Ingin Jantung Sehat? Makanlah Telur Setiap Hari

By | 26 Juni 2018

Untuk mereka pengagum telur, ada hasil studi yang menarik nih dari Tiongkok. Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Heart, orang yang teratur konsumsi telur sehari-hari mempunyai resiko penyakit kardiovaskuler yang lebih rendah apabila dibanding dengan orang yang tidak sering makan telur.

Seperti kita kenali dengan, penyakit kardiovaskuler adalah penyakit non infeksi yang paling banyak membunuh orang di semua dunia. Penyakit kardiovaskuler yang paling mematikan yaitu penyakit jantung iskemik serta stroke. Di negara negara barat, jumlah masalah penyakit jantung iskemik semakin banyak dari pada stroke, sedang di negara negara Asia berlaku demikian sebaliknya, jumlah masalah penyakit stroke semakin banyak apabila dibanding dengan penyakit jantung iskemik.

Ingin Jantung Sehat? Makanlah Telur Setiap Hari

Walau memiliki kandungan cholesterol, telur nyatanya juga kaya dengan protein, vitamin serta komponen bioaktif seperti phospolipid serta karotenoid.

Pada studi terlebih dulu beberapa peneliti coba mencari tahu jalinan pada mengkonsumsi telur dengan penyakit spesifik, namun hasil studi yang diperoleh tidak berkelanjutan. Ketidakkonsistenan terlebih pada jalinan pada mengkonsumsi telur dengan resiko penyakit jantung koroner atau stroke.

Untuk menyatakan jalinan pada mengkonsumsi telur serta resiko penyakit kardiovaskuler, tim peneliti dari Pusat Sains Kesehatan, Kampus Peking, Tiongkok, pimpinan Professor Liming Li serta Dr. Canqing Yu, coba lakukan studi kelanjutan dengan memakai data dari China Kadoorie Biobank (CKB).

Dari data CKB diperoleh partisipan sejumlah 512. 891 orang dewasa yang berumur pada 30 hingga 79 th. dari 10 ruang geografis berlainan di Tiongkok. Mereka lalu dibarengi kesukaannya konsumsi telur dari th. 2004 hingga 2008 serta dicatat angka kesakitan serta kematian yang berlangsung.

Rangkuman yang diperoleh, dibanding dengan mereka yg tidak makan telur, mereka yang rajin konsumsi telur mempunyai resiko penyakit kardiovaskuler yang rendah.

Nah, mari kita makan telur.